Thursday 13 June 2019

Story of Life : Cumlaude


Masa studi di perguruan tinggi akhirnya telah aku selesaikan. Aku sangat bersyukur karena Allah telah memberiku jalan, dimana ada jalan yang mudah dan adapula jalan yang terjal, hingga aku dapat menyelesaikan pendidikanku. Selain itu, aku lebih bersyukur lagi kepada-Nya karena telah memberikanku kemudahan untuk mendapatkan pekerjaan sebelum aku wisuda. Rasanya lega, akhirnya aku bisa sedikit mengurangi kebiasaan merepotkan kedua orang tuaku.

Hari itu aku mendapatkan cuti dari kantor untuk mempersiapkan wisuda besok. Di pagi yang cerah, aku berangkat dari rumah menuju kampus untuk menghadiri undangan dan gladhi resik hari ini. Jarak dari rumah ke kampus cukup jauh, sekitar 1 - 1,5 jam perjalanan dengan menggunakan kendaraan. Aku sudah tidak lagi kos di Kota Malang, melainkan kos di dekat kantor tempat aku bekerja. Tempat kerjaku juga tidak jauh dari pusat Kota Malang, sekitar 30 menit waktu tempuh kendaraan.

Dengan berbagai alasan yang indah, bagiku hari itu memang benar-benar indah. Aku sengaja tidak membawa kendaraan sendiri dan memutuskan untuk naik bus dari terminal dekat rumahku menuju kampus. Aku merasa, aku bisa bernostalgia dengan masa laluku dan mencoba menciptakan mimpi-mimpi baru untuk masa depanku. Di dalam bus pun aku tidak berhenti berdo’a, mengucap syukur kepada Allah atas beberapa mimpiku yang menjadi kenyataan.

Berhubungan dengan apa saja mimpiku yang telah menjadi kenyataan, aku memiliki kebiasaan di setiap malam pergantian tahun, yaitu dengan membuat list target yang aku harus capai pada satu tahun ke depan. Aku masih ingat betul, di malam tahun baru 2016 targetku diantaranya yaitu lulus dengan nilai cumlaude , kedua orang tua bisa duduk di tempat duduk VVIP saat aku wisuda dan mendapatkan pekerjaan sebelum wisuda. Dengan tanpa adanya keraguan dari diriku sendiri atas target-targetku dan setelah melewati masa jatuh bangun untuk mewujudkannya, akhirnya Allah mengijinkan mimpi-mimpi itu menjadi kenyataan. Semoga, mimpi-mimpi yang telah terwujud itu penuh dengan ridlo dan berkah-Nya. Aamiin.

Setelah kurang lebih 45 menit waktu perjalanan, bus akhirnya berhenti di Terminal Gadang Kota Malang. Selanjutnya aku masih harus naik angkutan umum untuk menuju ke kampus. Sekitar 20 menit kemudian aku sampai di pertigaan Jalan Soekarno Hatta Malang. Setelah turun dari angkutan, aku menyebrang jalan raya, kemudian berjalan melewati jembatan yang ada di Jalan Soekarno Hatta. Saat berjalan di atas jembatan, aku menikmatinya. Sesekali aku memandang langit, kemudian memandang jalanan yang begitu ramai. Banyak energi positif yang aku hirup pagi itu.

Aku telah sampai di gerbang utama kampus biru, kemudian menuju ke gedung utama. Kemarin aku mendapatkan telepon dari kemahasiswaan kampus untuk wawancara hari ini. Aku masuk ke dalam gedung utama dan terlihat salah satu petugas bangkit dari tempat duduknya, kemudian berjalan ke arahku, menyambutku dan memastikan bahwa yang datang adalah aku. Selamat atas prestasinya menjadi salah satu mahasiswi terbaik di wisuda tahun ini. Pria itu kemudian menjabat tanganku dengan hangat.

Pria itu kemudian membimbingku untuk menemui beberapa wartawan yang sudah duduk di sofa pojok ruang tamu. Sekitar kurang lebih 10 wartawan dari media yang berbeda mulai melontarkan satu per satu pertanyaan kepadaku. Aku berusaha menjawabnya dengan baik, sopan dan menjauhkan diri dari perasaan berpuas diri. Aku hanya ingin, dari setiap jawaban yang kuberikan, nantinya akan mereka tulis untuk memberikan positif vibes kepada orang lain.

Selama kurang lebih 2 jam, wawancara dan pengambilan foto akhirnya selesai. Dari wawancara yang telah dilakukan, banyak pelajaran yang aku dapatkan dari hasil tukar pikiran dengan para wartawan. Kami saling berbagi pengalaman dan mereka juga banyak memberikan pesan-pesan kehidupan kepadaku, mengingat mereka semua lebih tua dariku dan tentunya mereka juga telah merasakan lebih banyak asam manis kehidupan.

Kusampaikan rasa syukur yang begitu mendalam kepada Allah swt. , serta terima kasih atas segala dukungan, do'a dari kedua orang tuaku , teman-teman kuliahku dan seseorang yang dekat denganku adk .

ps. untuk semua orang yang saat ini sedang berjuang dalam pendidikan, karir, usaha dan hal lainnya... tetaplah berusaha dengan keras, sesulit apapun itu! seterjal apapun jalannya! karena kita tidak akan pernah tau seberapa kemampuan kita dan seberapa besar yang akan kita dapatkan ketika kita berani mencobanya. Tidak ada usaha yang tidak memberikan hasil, maka teruslah berusaha dan syukuri seberapapun hasilnya yang akan terus berprogres, hingga perjuangan berbumbu kesulitan dan air mata itu benar-benar menjadi kesuksesan :)


https://suryamalang.tribunnews.com/2016/10/28/ingin-mudah-gapai-impian-tiru-cara-mahasiswi-ini

https://malangtoday.net/malang-raya/inilah-gadis-cantik-predikat-wisudawan-terbaik-dalam-wisuda-tahap-2-polinema/ 

http://nonssl.whyalways.me/malang-raya/inilah-gadis-cantik-predikat-wisudawan-terbaik-dalam-wisuda-tahap-2-polinema/

Gedung AA
Politeknik Negeri Malang
Malang, 28 Oktober 2016

No comments:

Post a Comment